ana nymphadora tonks

"draco dormien nunquam titilandus"

Rabu, 10 Februari 2010

Pekerjaan Sosial

Pekerjaan Sosial merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK 28 Jakarta.Pekerja Sosial sendiri adalah Suatu profesi pemberian bantuan untuk memperbaiki, meningkatkan, mengembangkan interaksi timbal balik yang saling menguntungkan antara orang, keluarga,dan masyarakat guna meningkatkan kualitas setiap orang.Jurusan ini merupakan satu-satunya di Provinsi Jakarta.

Pekerjaan Sosial ini mempelajari tentang peran pekerja sosial di masyarakat yang di lihat dari aspek biologis, fsikologis,sosiologis, dan spiritual. Tugas atau peran pekerja sosial ini yaitu mengubah seseorang yang disfungsi sosial (mempunyai masalah) menjadi fungsional(tidak mempunyai masalah. Di jurusan ini kita dapat mengerti setiap permasalahan yang bermacam-macam jenis dan cara penyelesaiannya ada di masyarakat.

Seorang pekerja sosial mengacu kepada seseorang yang telah memiliki dasar pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai pekerjaan sosial yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial. Penguasaan ilmu, metode dan ketrampilan secara formal –dalam hal ini melalui pendidikan formal yang diselenggarakan oleh institusi-institusi pendidikan– merupakan dasar bagi seseorang untuk menyatakan bahwa dirinya adalah seorang pekerja sosial. Dengan demikian, maka apabila seseorang yang tidak memiliki ilmu, metode dan ketrampilan secara formal tidak dapat dinyatakan sebagai seorang pekerja sosial.

1 komentar: